Metode untuk membantu menambah nafsu makan Anak

Metode untuk membantu menambah nafsu makan Anakadalah ilmu sederhana yang bisa dilakukan ibu untuk membantu anak-anak mendapatkan lebih banyak selera makan setiap hari agar anak dapat menyerap nutrisi yang dibutuhkan dengan lebih baik.

Ada kemungkinan anoreksia disebabkan oleh perawatan orang tua yang salah atau oleh penyakit tubuh, jadi cari tahu penyebab dan perawatan terbaik untuk masalah ini. Jika anak tidak nafsu makan silahkan baca Metode untuk membantu menambah nafsu makan Anak di bawah ini.

Metode untuk membantu menambah nafsu makan Anak

Metode untuk membantu menambah nafsu makan Anak

  1. Jangan memperpanjang waktu makan

Setiap makan orang tua harus duduk di sampingnya, usahakan anak menghabiskan makanannya dalam 20-30 menit. Jika sudah waktunya anak Anda belum selesai makan, maka hentikan makannya. Sebaiknya sebelum makan sekitar 30 menit, ibu tidak memberi anak camilan.

  1. Minta si kecil memasak masakannya

Masak atau buatlah makanan yang menjadi makanan kesukaannya, agar anak makan tanpa paksaan.

  1. Merangsang keingintahuan anak anda.

Tentu, semua anak lebih suka permen daripada yang lain, tapi dengan kecerdikan Anda akan mengalihkan perhatian mereka dengan makanan lain. Buatlah menu makanan baru. Jika mereka tidak menyukainya, jangan memaksanya, tapi coba lain kali. Antara usia 4 dan 7 tahun, anak perlu membiasakan diri dengan selera baru 4 – 5 kali.

  1. Hiasi hidangan yang indah

Bersenang-senang dengan makan malam dan tidak membicarakan pekerjaan atau sekolah. Perhatikan suasana saat makan. Buatlah suasana makan dengan Anak lebih menyenangkan dengan menghiasai makanan yang menarik perhatian anak untuk memakannya.

  1. Makan yogurt

Anak-anak harus makan buah setengah jamsebelum makan daripada setelah makan. Anda harus membuat kebiasaan menggunakan minuman ringan seperti yoghurt selama liburan dan hari ulang tahun.

  1. Berikan makanan Anak Anda saat lapar.

Anak sering menolak makanan karena tidak lapar. Mungkin karena Anda secara tidak sengaja tidak memberinya kesempatan. Cobalah untuk tidak terus-menerus memaksa Anak Anda untuk makan selama beberapa hari, atau mintalah anak Anda menyebutkan makanannya karena lapar. Begitu Anda mengamati anak sering lapar, berikan makanan anak Anda pada jam-jam tetap.

  1. Terimalah saran beberapa makanan dariAnak

Jika bayi Anda hanya menyukai sandwich mentega atau susu, maka Anda ikuti saja keinginan Anak, pastinya beberapa saat akan bosan.

  1. Jangan memberi makan Anak Anda jika Anda tidak menyukainya.

Alih-alih daging, Anda bisa memberi telur, ikan atau sosis untuk Anak Anda. Jika anak Anda takut pada sayuran, Anda harus memberinya lebih banyak buah. Jangan mencoba menyembunyikan hal-hal yang tidak disukai anak Anda dalam makanan. Tentunya dia akan mencari tahu maka dia tidak akan makan lagi. Yang paling berbahaya adalah Anda membuat anak Anda membenci makanan yang disukainya.

  1. Dorong Anak Anda untuk makan.

Kebanyakan anak usia 2-3 tahun akan makan lebih banyak jika ibunya membiarkan makanannya sendiri. Jika ibu terus memaksa anak untuk memakannya, dia akan secara bertahap menyadari bahwa makanan tersebut adalah makanan yang tidak enak bagi Anak, seperti ketika anak dipaksa minum obat. Jadikanlahmakan sebagai kesenangan, sama asyiknya dengan bermain game yang menyenangkan.

Leave a Reply