Pastikan Anda memiliki vitamin yang tepat untuk kehamilan Anda

Pastikan Anda memiliki vitamin yang tepat untuk kehamilan Anda. Wanita hamil harus melengkapi vitamin yang diperlukan untuk membantu kehamilan dan menjamin kesehatan ibu dan janin.

Saat mengonsumsi suplemen vitamin sebelum hamil, ibu perlu memperhatikan banyak hal untuk memastikan keamanan kesehatan. Lihatlah informasi di bawah ini untuk belajar bagaimana merawat diri Anda sebaik mungkin dengan vitamin yang bermanfaat ini.

Hanya ada satu pil yang pasti perlu Anda isi ulang sesegera mungkin saat Anda berhenti minum pil KB sampai Anda hamil 12 minggu, yaitu asam folat. Asam folat melindungi bayi yang belum lahir dari risiko spina bifida dan cacat tabung saraf lainnya.

Kebanyakan wanita hamil perlu suplemen sekitar 400mcg asam folat sehari. Jika Anda menggunakan multivitamin dengan 400 mcg asam folat, Anda tidak perlu menambahkan asam folat. Jika Anda tidak yakin tentang asam folat yang ada di multivitamin Anda, mintalah dokter atau apoteker untuk menjual obat Anda.

Pastikan Anda memiliki vitamin yang tepat untuk kehamilan Anda

Pastikan Anda memiliki vitamin yang tepat untuk kehamilan Anda

Namun, dokter Anda akan meresepkan asam folat dosis tinggi setiap hari (5mg) jika:

  • Pernahkah Anda memiliki bayi dengan cacat tabung saraf, seperti spina bifida?
  • Anda atau pasangan atau anggota keluarga Anda memiliki cacat tabung saraf.
  • Anda mengonsumsi obat anti-epilepsi.
  • Anda memiliki penyakit celiac, kelainan autoimun yang mencegah tubuh menyerap nutrisi
  • berat, yang menyebabkan malnutrisi
  • Anda memiliki penyakit sel sabit
  • Anda menderita anemia hemolitik
  • Anda memiliki BMI lebih dari 30
  • Anda menderita diabetes

Jangan lupa beritahu dokter Anda tentang kondisi Anda untuk mendapatkan saran tentang mengkonsumsi asam folat dosis tinggi.

Selain mengonsumsi asam folat, Anda juga harus banyak mengonsumsi makanan yang mengandung folat lain yang disebut folat. Makanan yang kaya akan folat termasuk sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, kangkung, jeruk, kacang-kacangan, beras merah, roti dan sereal bergizi lainnya.

Anda mungkin juga perlu memberi 10 mcg vitamin D ke tubuh Anda setiap hari. Jika Anda menggunakan multivitamin untuk wanita usia subur, vitamin D mungkin disertakan di dalam, jadi pastikan untuk memeriksa ramuannya dengan saksama.

Jangan berpikir bahwa vitamin itu bermanfaat tapi tidak berbahaya. Beberapa suplemen mengandung sejumlah besar vitamin dan mineral yang dapat membahayakan perkembangan bayi Anda, seperti suplemen vitamin A retinol atau minyak hati. Suplemen vitamin hanya boleh digunakan pada wanita yang sedang mencoba untuk hamil.

Leave a Reply